Powered by Blogger.

Friday 20 January 2012

Cara masuk ke BIOS Notebook Toshiba Satelite 2410

Kemarin saya dapat order dari user. dia minta tolong di instal ulang notebook Toshiba Satelite 2410, Trus saya masukkan CD Booting kok gak kedetek detek. Biasanya sih penyebabnya di BIOS paling yang dijadikan boot priority adalah HArd Disk, jadi mesti dirubah.

Saya mencoba tekan Del saat Boting Gak Bisa, F2, juga gak bisa, F8, eh masuk ke pilihan Safe Mode. Akhirnya setelah cari di Google ketemu juga.

Ternyata untuk masuk ke BIOS menggunakan tombol Esc ditahan, lalu kelik F1.

Tampilan BIOSnya telihat sangat klasik, lalu pilih booting option dan rubah pilihan Hard Disk CDROM, menjadi CD ROM Hard Disk.

Lalu simpan dan Exit.

Berikutnya Booting dari CD sudah bisa dilakukan.

Tapi awas, jangan mencoba menginstall dengan format Hard Disk, karena bisa-bisa Hard Disk gak terbaca. Berdasarkan curhatan di Google ternyata kalau install ulang Laptop merek ginian harus pake install tanpa format hard disk. Jadi pada pilihan format, pilih Leave No Intact Changes, atau lanjut tekan L.

Kenapa jangan diformat, karena kalau di format, driver hard disk akan hilang sehingga gak terbaca. Gitu katanya.

Nah yang kedua kalau booting masih juga belum dilakukan walaupun di BIOS sudah dirubah. TEkan F12, lalu pilih pilihan CD Rom menggunakan tombol panah kanan 1 kali lalu enter.

Sekian dulu untuk info dan pengalaman yang saya bagi. untuk bertanya silakan tinggalkan pesan di kotak pesan.

Newer Post Older Post Home

0 comments:

Post a Comment